Saturday 8 August 2015

Perangkat Lunak 


* Perangkat lunak system :

Perangkat lunak sistem atau sistem operasi merupakan software yang berfungsi melakukan operasi yang mengurusi tentang segala aktifitas komputer seperti mendukung operasi sistem aplikasi dan mengendalikan semua perangkat komputer agar dapat berjalan selaras dengan fungsinya.Misalkan:

* Melaksanakan program pengguna dan memudahkan dalam menyelesaikan masalahnya.
* Membuat sistem komputer menjadi mudah untuk digunakan.
* Menjadikan pengguna hardware komputer menjadi lebih efisien.



* Perangkat lunak Real time :
 

Program-program yang memonitor, menganalisis, mengontrol kejadian dunia nyata pada saat terjadinya dalam rentang waktu yang tetap melalui jangkauan 1 milidetik sampai 1 menit. Misalkan :




 Elemen dari Real Time Software:


• Komponen pengumpulan data, yang mengumpulkan dan menformatinformasi dari lingkungan ekternal.
• Komponen analisa, yang mentransformasikan informasi yang diperlukan atau aplikasi tersebut.
• Komponen kontrol/output, yang memberikan respon terhadap lingkungan eksternal.
• Komponen monitoring, yang mengkoordinasi komponen-komponen lainnya, sehingga bisa memberikan respon yang Real Time (biasanya antara 1 milidetik/1 menit)
• Contoh: Mesin ATM (Automatic Teller Machine) bank, sistem informasi saham, pemesanan tiket pesawat terbang, beberapa mobil berteknologi EFI
• (Electronic Fuel Injection) dan VVT-i (Variable Valve Timing with Intelligence), sistem jajak pendapat pemilu capres / cawapres.

* Embedded software :

 

Embedded software adalah perangkat lunak komputer yang memainkan peran integral dalamelektronik itu diberikan dengan.peranan utama perangkat lunak Embedded bukanlah teknologi informasi [klarifikasi diperlukan],melainkan interaksi dengan dunia fisik. Ini ditulis untuk mesin yang tidak, pertama dan terutama,komputer. Embedded software adalah 'dibangun' ke elektronik di mobil, telepon, peralatanaudio, robot, peralatan, mainan, sistem keamanan, alat pacu jantung, televisi dan jam tangandigital, misalnya. Software ini dapat menjadi sangat canggih dalam aplikasi seperti pesawat,rudal, sistem proses kontrol, dan seterusnya. [1]Embedded software biasanya ditulis untuk hardware tujuan khusus: yaitu chip komputer yangberbeda dari tujuan umum CPU [ragu-ragu - mendiskusikan], kadang-kadang menggunakanReal-time sistem operasi seperti LynxOS, VxWorks, Linux (dengan kernel ditambal), PikeOS,ecos , ThreadX, Windows CE, RTOS Fusion, RTOS Inti, RTEMS, Integritas dan QNX.



* Perangkat Lunak Komputer Pribadi :

Perangkat Lunak Komputer pribadi atau Personal Computer software adalah , Perangkat yang Banyak digunakan pada aplikasi yang bersifat perorangan ,Contoh nya :  pengolah kata ( Ms.Word), spreadsheet (Ms.Excel),  dan lain-lain.
 
* Perangkat lunak kecerdasan komputer :
Perangkat lunak kecerdasan buatan atau Artificial Intelligent Software  adalah ,Perangkat Yang Dibuat dengan menggunakan teknik algoritma non-numerik untuk memecahkan masalah yang kompleks, digunakan dalam bidang aplikasi kecerdasan buatan, Contoh nya : game, expert sistem, neural network, dan lain-lain

 * Ruang Lingkup Rekayasa Perangkat Lunak :




 

No comments:

Post a Comment